Langsung ke konten utama

ARTI INFLUENCER | Pentingnya Dalam Bisnis Hotel

ARTI INFLUENCER | Pentingnya Dalam Bisnis Hotel
Apa arti INFLUENCER, apakah keberadaannya sangat penting untuk bisnis Hotel? Berikut ulasan yang bagus untuk dapat disimak dari tulisan blog jojonomic.com.

APA ARTI INFLUENCER, APAKAH PENTING UNTUK DUNIA BISNIS

Tahukah kamu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki pengguna social media terbanyak di dunia? Sebut saja seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line, BBM, Youtube dan social media lainnya sangatlah akrab di masyarakat Indonesia.

Adanya berbagai macam platform social media ini tentu saja dimanfaatkan oleh perusahaan. Jika dulu produsen atau perusahaan mempromosikan produk atau jasanya dengan cara konvensional. Sementara, kini banyak perusahaan yang memakai social media dalam kegiatan marketingnya.

Adapun salah satu strategi yang dinilai ampuh untuk memasarkan produk atau jasa dalam social media adalah menggunakan influencer. Pernahkah kamu mendengar influencer dan influencer marketing? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang influencer dan influencer marketing simak artikel berikut ini.

Pengertian Influencer 

Influencer merupakan orang yang memiliki followers atau audience yang cukup banyak di social media. Sehingga mereka dianggap memiliki pengaruh yang kuat terhadap followers mereka. Yang disebut dengan influencer ini contohnya seperti artis, selebgram, youtuber, blogger, dan sebagainya, yang dipilih berdasarkan popularitas, keahlian, atau reputasinya.

Pengertian Influencer Marketing 

Jadi, apa itu influencer marketing? Influencer marketing adalah produk dari banyak kampanye berbasis konten yang telah menandai era digital hingga saat ini. Influencer sendiri sebenarnya dipandang sebagai konsumen yang potensial juga loh, Seller. Nah, jadi influencer marketing merupakan sebuah cara pemasaran menggunakan influencer di social media seperti Instagram, Youtube, dan media lainnya.

Mengapa Influencer Penting dalam Proses Pemasaran? 

Perkembangan teknologi internet ini telah membuat platform media sosial seperti Instagram, Youtube, Facebook menjadi populer karena audiens memiliki kebebasan untuk memilih konten yang mereka inginkan.

Hal inilah yang membuat brand terkendala untuk melakukan pemasaran karena audiens menyebar di berbagai bentuk media sehingga mereka kesulitan menjangkau mereka. Di tambah lagi dengan semakin skeptisnya konsumen terhadap brand dan taktik pemasaran dalam membangun kepercayaan mereka.

Disinilah pentingnya seorang influencer sebagai solusi pemasar untuk mempromosikan produk mereka. Dengan pemasaran yang dilakukan influencer, memungkinkan pemasar untuk mencari dan beriklan secara langsung kepada target audiens mereka.

Berpromosi melalui influencer memungkinkan pemasar untuk beriklan melalui seseorang yang dikenal dan dipercaya. Dengan hal ini maka audiens tidak akan skeptis terhadap iklan media sosial karena konsumen percaya bahwa influencer mereka menyukai produk tersebut.

Hal yang harus di Perhatikan dalam Pemasaran

Influencer Pemasaran influencer sangatlah berbeda dengan strategi pemasaran lainnya karena membutuhkan tingkat kepercayaan yang sangat tinggi antara brand dengan influencer.

Pemasar harus berhati-hati dalam memilih influencer yang tepat untuk produk mereka karena bisa berpengaruh terhadap reputasi brand yang dipromosikan. Brand harus benar-benar yakin bahwa konten yang dibuat oleh influencer relevan dengan selaras dengan produk yang dipasarkan terutama bila anda menggunakan influencer muda yang mungkin kurang matang dan profesional.

Penggunaan konten yang tidak wajar dapat berakibat negatif terhadap reputasi brand. Perusahaan harus berhati-hati terhadap followers palsu karena terdapat juga influencer yang membelinya agar terlihat memiliki penggemar yang banyak.

Oleh sebab itu sangat penting dalam pemilihan influencer yang benar-benar memiliki pengikut atau penggemar. Perhatikan juga engagement antara influencer dengan audiens mereka karena hal ini sangat berpengaruh terhadap efektivitas pemasaran kamu.

Manfaat Menggunakan Influencer Marketing 

Setelah mengetahui mengapa influencer penting dalam proses pemasaran dan hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran influencer, kamu juga perlu mengetahui manfaat menggunakan influencer marketing. Berikut manfaatnya!

Membangun Kepercayaan 

Salah satu manfaat menggunakan influncer dalam kegiatan pemasaran adalah dapat membangun kepercayaan konsumen. Adanya konten yang dibagikan oleh influencer membuat bisnis kamu terlihat memiliki kredibilitas dan nilai yang baik melalui testimoninya. Kemudian followers akan memiliki pandangan yang baru dari produk kamu. Dengan kata lain konsumen dapat melihat kualitas produk kamu melalui idolanya. Sehingga secara tidak langsung sebenarnya influencer juga ikut membangun kepercayaan masyarakat terhadap brand kamu.

Menentukan Target Pasar 

Influencer memiliki platform media sosial yang berbeda-beda, sehingga kamu juga dapat memanfaatkan keuntungan ini dengan membuat target pasar yang berbeda-beda. Namun, sesuaikan jenis social media dengan target pasar brand kamu. Dengan begitu, strategi pemasaran yang telah dibuat tepat sesuai dengan pangsa pasar yang dituju.

Meningkatkan Penjualan 

Ketika seorang influencer tepercaya merekomendasikan suatu produk atau jasa, maka para followers-nya akan mempertimbangkan bahwa yang diposting merupakan pilihan yang menarik untuk dibeli. Karena itulah bekerja sama dengan seorang influencer dalam strategi pemasaran perusahaan dapat meningkatkan penjualan bisnis kamu.

Jenis Influencer 

Influencer memiliki beberapa jenis loh! Berikut jenis-jenis influencer.

Nano Influencer 

Nano adalah kategori dengan jumlah followers yang paling kecil dengan kisaran 500 sampai dengan 1000 orang. Percaya atau tidak, meski jumlah followers tidak terlalu banyak, mereka bisa memberikan pengaruh yang sangat besar.

Pada umumnya, nano influencer mengenal/saling kenal dengan sebagian besar followersnya. Hal inilah yang menjadikan nano influencer bisa menghasilkan tingkat engagement yang sangat tinggi, bahkan bisa lebih dari 50% dari jumlah followersnya.

Faktor saling kenal inilah yang pada akhirnya bisa meningkatkan penjualan suatu produk, karena hubungan nano influencer dengan followers-nya biasanya memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi. 

Micro Influencer 

Micro influencer memiliki jumlah followers sekitar 1000 hingga 10.000 orang dengan tingkat engagement sekitar 25% sampai dengan 50%. Mereka biasanya menaruh perhatian pada topik tertentu sesuai bidang yang digemarinya.
Contoh, influencer yang fokus pada bidang fashion, maka akan memposting seputar pakaian, tren fashion, koleksi pakaian, dan hal sejenisnya.

Jika hal tersebut dilakukan secara konsisten, seorang micro influencer akan memperoleh kredibilitas di mata followers-nya. Lama kelamaan, mereka akan memiliki basis followers yang loyal.
Terlebih jika akun media sosial micro influencer tersebut telah dicap atau mendapatkan label sebagai akun fashion, maka secara otomatis jumlah followersnya akan terus meningkat, dan kebanyakan memiliki minat yang sama.

Macro Influencer 

Macro Influencer memiliki jumlah followers sekitar 10.000 hingga 100.000 orang. Bisa dibilang, macro influencer adalah kombinasi dari dua kategori sebelumnya.
Kombinasi yang dimaksud adalah tingkat kredibilitas dan engagement yang tinggi. Tingkat engagement yang dihasilkan berada pada kisaran kurang dari 25%.
Meski lebih kecil dari dua kategori sebelumnya, hal ini bisa dimaklumi, mengingat jumlah followers yang semakin banyak.
Macro influencer biasanya menghasilkan konten yang lebih berkualitas, karena mereka benar-benar memperhatikan citra akun media sosialnya dengan lebih serius dan profesional. Bahkan, beberapa dari mereka memiliki tim khusus untuk membantu pengelolaan media sosialnya.

Mega Influencer 

Biasanya yang masuk dalam kategori mega influencer adalah mereka yang merupakan publik figur atau artis. Jika dibandingkan dengan tiga kategori sebelumnya, mega influencer memiliki jumlah engagement paling kecil, yang biasanya kurang dari 10%.
Jumlah followers dari jenis influencer ini biasanya lebih dari 100.000 orang, bahkan mencapai jutaan. Hal inilah yang menyebabkan tingkat engagementnya tergolong rendah.
Selain itu, seorang publik figur hampir tidak mungkin berkomunikasi secara intens dengan followersnya.

Mega influencer cocok digunakan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, namun terjalinnya hubungan antara brand dengan konsumen akan lebih sulit karena tingkat kepercayaan yang tidak terlalu tinggi.


Tips Memilih Influencer yang Tepat 

Karena pemasaran dengan menggunakan influencer ini memiliki pengaruh yang signifikan, kamu tidak boleh salah memilih. Jadi pertanyaannya adalah bagaimana cara menentukan influencer yang tepat? Berikut tips jitu memilihnya!

Lihat Followers 

Hal penting dan yang paling utama dalam memilih influencer yakni followers-nya. Semakin banyaknya followers ini akan berpengaruh terhadap banyaknya audience yang melihat pemasaran produk atau jasa kamu. Oleh karena itu, pilihlah influencer yang memiliki banyak followers. Selain banyaknya followers, kamu juga harus memperhatikan followers-nya, apakah mereka followers asli atau fiktif? Hal ini karena akhir-akhir ini banyak orang yang menggunakan jasa “jual beli” followers. Jika followers dari influencer yang kamu pilih fiktif tentu saja tidak akan berpengaruh terhadap strategi marketing kamu.

Persentase Engagement 

Engagement atau hubungan dari seorang influencer dengan followers juga perlu untuk diperhatikan. Seorang influencer merupakan penyambung lidah dari brand kamu kepada konsumen dan calon konsumen. Untuk melihat hubungan ini caranya, kamu dapat melihat perbandingan jumlah likes dan komen yang ada pada setiap postingan influencer. Jika influencer memiliki followers lebih dari satu juta tetapi hanya mendapat likes kurang dari 100 atau komentarnya 5 saja, maka kamu perlu mempertanyakan hal tersebut.

Perhatikan Relevansi Brand 

Tips ketiga untuk memilih influencer yang tepat adalah relevansi atau keterkaitan brand. Caranya, kamu dapat memilih influencer yang bergerak dibidang industri yang sama. Lihat saja isi konten yang sering mereka upload, setidaknya 7 hari terakhir. Sebagai contoh misalnya, perusahaan kamu bergerak dibidang make up halal, maka kamu perlu mencari influencer yang bergerak dibidang dakwah atau minimal memakai jilbab atau kerudung. Janganlah memilih influencer yang rambutnya di cat atau berpakaian mini, karena jika demikian kurang relevan.

Akun Social Media yang Dimiliki 

Selanjutnya, perhatikan akun social media dari influencer yang kamu pilih. Umumnya masyarakat memiliki lebih dari social media seperti Instagram, Facebook, Twitter. Maka carilah influencer yang memiliki pengaruh di banyak media sosialnya. Selain itu, Anda juga perlu membuat strategi pemasaran yang cocok untuk menyampaikan pesan yang tepat dari setiap akun sosial media influencer. Hal tersebut bertujuan agar target pasar yang ditentukan tercapai.

Cek Riwayat Feed Influencer 

Selain engagement, kamu juga harus mengetahui brand apa saja yang pernah bekerja sama dengan calon influencer kamu. Hal ini penting, dengan begitu kamu dapat memastikan tidak ada kompetitor dari brand. Kamu juga perlu memerhatikan feed pribadinya karena feed pribadi yang terlalu banyak dapat dianggap spam. Sehingga penting untuk kamu melakukan pengecekan riwayat feed influencer dengan teliti.

Demikian sekilas apa arti influencer dan pentingnya dalam bisnis. apakah marketing bisnis Hotel di Lembang memerlukan jasa seorang influencer?

Postingan populer dari blog ini

Pondok Lembang

Bagi Anda yang berencana melaksanakan aktifitas dengan konsep penginapan sistem barak, PONDOK LEMBANG, Bandung merupakan alternatif yang dapat dipilih untuk kegiatan Group minimum 50 orang untuk : - Company Gathering / Company Outing - Family Gathering - School Field Trip Program - Kegatan Keagamaan - dsb Jalan Raya Maribaya, akses menuju Pondok Lembang Pondok Lembang, terdiri 3 Blok Bangunan Jenis akomodasi merupakan pilihan untuk kegiatan Sekolah maupun Group/Perusahaan yang akan menyelenggarakan Gathering - Outbound,  dengan fasilitas standart : - Kamar konsep barak. - Ruang Meeting - Area Terbuka (untuk area fun games, api unggun, dsb) Tidak tersedia kolam renang, dapur dan TV didalam pondokan / kamar. Tersedia 3 Type Blok : 1. Blok Kuning      (8 kamar, 1 kamar dapat diisi 6 , 8, dan 10 tempat tidur)     - Total Kapasitas Blok Kuning : 68 orang     - 4 unit Kamar atas : 6 dan 8 tempat tidur     - 4 unit Kamar bawah : 10 tempat tidur     - Kama

The Green Forest Resort Lembang Bandung

. The Green Forest Resort, Lembang Bandung merupakan salah satu kawasan pilihan untuk Anda yang yang ingin memanjakan sejenak dengan atmosfer alam dengan sentuhan udara sejuk kota Lembang. Tepatnya di Jalan Sersan Bajuri, Cihideung - Lembang. EVENT ORGANIZER UNTUK KEGIATAN OUTING GATHERING, MEETING, OUTBOUND DI GREEN FOREST LEMBANG Kami hanya melayani pemesanan untuk GROUP untuk Outing Gathering Meeting dan Outbound untuk perusahaan ataupun organisasi yang akan menyelenggarakan acara : - Employee Gathering - Company Outing - Meeting Gathering - Family Gathering KEGIATAN DAPAT DI SATU AREA PENGINAPAN The Green Forest Resort Lembang Bandung merupakan kawasan akomodasi yang sudah memiliki area untuk berkegiatan dengan fasilitas yang memadai untuk kegiatan di satu lokasi / satu tempat untuk : - Penginapan - Outbound Fun Team Building - Acara Meeting / Workshop - Acara Malam Kebersamaan - Challange Outbound Paintball - Konsep kegiatan dengan treas

The Radiant Villa, Exclusive Hotel di Lembang Bandung

The Radiant Villa Lembang The Radiant Villa merupakan kawasan mini Cluster Villa di Lembang Bandung, terdiri dari total 90 unit kamar terdiri beberapa type  : - President Villa 4 bed room : 2 unit - Deluxe Villa 2 bed room : 8 unit - Superior Room 1 bed room : 20 unit - Standart Room 1 bed room : 38 unit - Family Bungalow 3 bed room : 1 unit - Villa Utama 5 Bed Room : 1 unit